Penerjunan Mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di MA Binaul Ummah Pleret

Yogyakarta- Pada tanggal 6 September 2024, telah dilaksanakan kegiatan penerjunan Mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di MA Binaul Ummah Pleret. Mahasiswa yang diterjunkan berasal dari program studi yang berbeda-beda, dengan total sebanyak 10 mahasiswa. Acara penerjunan mahasiswa PLP di MA Binaul Ummah dilaksanakan di Aula Madrasah, acara dimulai pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Madrasah, Dosen Pembimbing Lapangan, Guru Pamong, serta Mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Acara dimulai dengan sambutan penyerahan mahasiswa kepada pihak Madrasah oleh Bapak Drs. H. Radino, M. Ag. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam sambutan tersebut, diharapkan para mahasiswa PLP dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan kesepakatan. Acara selanjutnya yaitu, penerimaan mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta oleh Bapak Kepala Madrasah Bapak Nur Azis, S. Psi., M. Ec Dev. dan Bapak Ibu Guru Pamong. Dalam sambutannya beliau menyambut dengan hangat kehadiran mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan berharap mahasiswa PLP dapat berkontribusi dalam kemajuan dan syiar MA Binaul Ummah.

Adapun rincian nama mahasiswa beserta program studi yang diterjunkan adalah sebagai berikut:

  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI): Agung Suryanto (21104010009), Finna Qurrotul’aini (21104010056), Siska Apriyanti (21104010041)

  2. Program Studi Pendidikan Biologi: Wahyu Nur Kamaludin (21104070046), Ummi Fatihah Rizkiyah (21104070050), Faizatul Aliya (21104070061)

  3. Program Studi Pendidikan Kimia: Talitha Emilia (21104060019), Ardhia Pramesthi Regita Cahyani (21104060054)

  4. Program Studi Pendidikan Matematika: Budi Tri Priyadi (20104040056), Farouq Naufal Aziiz (21104040040)

Kegiatan PLP ini merupakan wahana penting bagi mahasiswa pendidikan untuk menjembatani teori yang dipelajari di perkuliahan dengan realitas praktik di lapangan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengasah keterampilan mengajar, memahami dinamika lingkungan sekolah, dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran secara langsung. Selain itu, kegiatan PLP ini juga bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi sosial yang diperlukan dalam berinteraksi dengan siswa, guru, dan staf sekolah lainnya. Dengan demikian, praktik pembelajaran menjadi langkah krusial dalam mempersiapkan calon guru yang profesional dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan.

Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. [Talitha Emilia]