Profil Laboratorium Pendidikan FITK

Profil Laboratorium Pendidikan FITK

Keselarasan teori dan praktik dalam proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi ditentukan oleh optimalisasi Laboratorium. Laboratorium sebagai unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan, perlu didesain secara sistematis dalam menjalankan amanat undang-undang dan sesuai dengan kebutuhan. Keberadaan laboratorium yang efektif dan efisien dapat mendorong akselerasi Tridharma Perguruan Tinggi. Laboratorium melalui ranah praktikum, penelitian dan pengabdian diharapkan meningkatkan kompetensi mahasiswa dan membuka peluang baru dalam mendorong sivitas akademik untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 26 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta disebutkan bahwa organisasi Fakultas terdiri atas: a. Dekan dan Wakil Dekan; b. Jurusan; c. Laboratorium; dan d. Bagian Tata Usaha. Maka Laboratorium dalam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang disebut Laboratorium Pendidikan adalah organisasi yang sah. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 03 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan dan Angka Kreditnya dalam Pasal 1 ayat 3 disebutkan bahwa Laboratorium pendidikan yang selanjutnya disebut laboratorium adalah unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan, berupa ruangan tertutup atau terbuka, bersifat permanen atau bergerak, dikelola secara sistematis untuk kegiatan pengujian, kalibrasi, dan/atau produksi dalam skala terbatas, dengan menggunakan peralatan dan bahan berdasarkan metode keilmuan tertentu, dalam rangka pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat.

Fungsi dan Layanan Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

1.  Pendukung Akademik (Supporting Akademic)

a.   PPL/Microteaching

Untuk menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas dan professional, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya melalui mata kuliah PPL/Microteaching. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PPL/Microteaching di Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguran terdiri dari mahasiswa PAI (Pendidikan Agama Islam), PBA (Pendidikan Bahasa Arab), PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini), Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika.

Untuk Prodi MPI (Manajemen Pendidikan Islam) dilakukan PPL di kantor/instansi/lembaga mitra, mahasiswa melakukan observasi dan pengamatan langsung serta wawancara seputar pengelolaan administrasi perkantoran dan pengelolaan manajemennya serta kepemimpinan di kantor/instansi/lembaga mitra.

 b.   PLP-KKN Integratif

PLP-KKN Integratif merupakan sebuah program yang dikhususkan bagi mahasiswa program studi PAI, PBA, PGMI, PIAUD, dan MPI. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengembangan diri kepada mahasiswa melalui praktik rill PLP di sekolah/madrasah/kantor/instansi/lembaga mitra serta melakukan kegiatan KKN berupa pengabdian secara langsung di masyarakat.

c.   PLP (Program Latihan Profesi)

PLP merupakan sebuah program yang dikhususkan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa melalui kegatan praktik yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Lembaga kependidikan maupun instansi mitra.

d.   Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Praktik kerja lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) agar mahasiswa dapat menguasi praktik di sekolah secara professional dan penuh tanggung jawab. Kegiatan praktik kerja lapangan tersebut meliputi kegiatan praktik di lembaga pendidikan terutama disekolah, baik dari kegiatan administrasi persuratan, kesiswaan, sarana prasarana, kurikulum yang diajarkan, penerimaan peserta didik baru hingga pengelolaan perpustakaan dan laboratoorium.

e.   Uji Kompetensi Lapangan/Field Study (S2)

Uji Kompetensi Lapangan (Field Study) adalah mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dalam program pelatihan pembelajaran untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kompetensi pendidik (dosen), sehingga dapat mengemban tugas dan tanggungjawab secara profesional. Uji Kompetensi Lapangan  (Field Study) dilaksanakan oleh  mahasiswa S2 PAI, PBA, PGMI, PIAUD dan MPI di perguruan tinggi atau kantor/lembaga/instansi/kementerian mitra. Pelaksanaan kegiatannya dikategorikan menjadi tahapan yang berbeda dengan prodi lain di Fakultas Ilmu Tabiyah dan Keguruan, namun secara keseluruhan diarahkan kepada visi unggul dan terkemuka dalam menghasilkan sarjana pendidikan/tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah dengan bobot 2 SKS dilaksanakan oleh mahasiswa S2 yang meliputi pengetahuan bersumber dari praktik riil tenaga pendidikan (mengajar) yang profesional, melakukan observasi dan mini riset. Pengetahuan baru tersebut diharapkan menjadi bahan diskusi dan refleksi yang diwujudkan dalam Laporan Akhir Uji Kompetensi Lapangan (Field Study) S2.

2.   Layanan Penelitian (Riset Fasilities)

  • Penelitian Pengembangan media/multimedia/elearning, e-kaligrafi, e-tahfids, e-tilawah, kemahiran berbahasa, serta kawasan tekhnologi pembelajaran
  • Laboratorium School
  • Standarisasi laboratoroium PAI
  • Pengembangan pusat sumber belajar

3.   Layanan Publik (Public Services Fasilities)

  • Validasi bahan ajar
  • Validasi instrument penelitian
  • Klinik pembelajaran
  • Terjemahan abstrak, jurnal, makalah
  • Olah data penelitian
  • Fotografi, sinematografi
  • Analisis butir soal

Program Pengembangan Laboratorium Pendidikan FITK :

1.  E-Kaligrafi dan Penulisan Bahasa Arab

Devisi E-Kaligrafi mengembangkan pelatihan penulisan Bahasa Arab dengan seni kaligrafi dan dilombakan serta dipamerkan bila ada kontestasi lomba kaligrafi. Kedepan akan dikembangkan software E-Kaligrafi agar lebih praktis dan mudah diaplikasikan oleh peserta pelatihan. 

2.  Sinematografi

Divisi Sinematografi di Laboratorium Pendidikan mengumpulkan segala bentuk kegiatan yang ada di Laboratorium dapat berupa video mapun gambar sehingga dapat digabungkan dalam bentuk film pendek.

3. Fotografi

Divisi Fotografi dalam Pendidikan memiliki peran untuk mendokumentasikan segala kegiatan yang terjadi di laboratorium.

4.  Bahasa

Divisi Bahasa di Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguran berperan dalam meningkatkan kualitas tata bahasa yang digunakan oleh mahasiswa baik Bahasa Inggris maupun Bahasa Arab.

5.  Journal Edulab

Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mewadahi mahasiswa dalam penulisan dan penerbitan jurnal Pendidikan yang disebut dengan journal education laboratorium (Journal Edulab) dan dapat diakses di https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/edulab