Penerjunan Mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Pada hari Rabu, 11 September 2024 telah dilaksanakan penerjunan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh mahasiswa PLP sebanyak 12 orang dari program studi Pendidikan Kimia yaitu Azizah Miftakhul Rohmah dan Anggun Lintang Puspita; Pendidikan Agama Islam yaitu Ahmad Wafa Ahda, Wirdatul Aliyah, Azka Aulia Ma’adani, dan Rizky Aji; Pendidikan Biologi yaitu Hasna Adibah, Dewi Sekar dan Salma Nabilah; dan Pendidikan Matematika yaitu Ummu Soim Daimah, Ihtiyatul Muhakimah, dan Endah Susilowati dengan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Dr. Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. beserta Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, Waka Kurikulum dan Guru pamong.

Acara dibuka oleh mahasiswa sebagai tanda dimulainya kegiatan. Pembukaan disampaikan oleh MC yaitu Salma Nabilah, selanjutnya pembacaan ayat suci Al-qur’an dibacakan oleh Azka Aulia Ma’adani dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. selaku DPL dan sambutan kedua disampaikan oleh Ibu Hj. Tri Suryani, M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Acara selanjutnya, terkait pemaparan kurikulum disampaikan oleh Waka Kurikulum yaitu Ibu Titik Ismiyati, S.Pd. Beliau menjelaskan mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama 45 hari, yaitu mencakup: program pembelajaran yang sedang berjalan, observasi dengan guru pamong, kebiasaan yang dilakukan setiap pagi yaitu menyambut peserta didik dengan menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun), dan lain sebagainya. Acara yang terakhir yaitu penutup dan dokumentasi.

Setelah penutup, mahasiswa PLP melanjutkan observasi bersama guru pamong masing-masing yang sudah disampaikan oleh waka kurikulum. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami lebih jauh mengenai proses pembelajaran dan interaksi di dalam kelas dengan menanyakan tentang kebiasaan sebelum memulai pembelajaran atau pra-KBM, saat pembelajaran berlangsung, bagaimana karakteristik peserta didik, materi yang diajarkan dan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan.