Penerjunan Mahasiswa PLP di SMA N 9 Yogyakarta
Yogyakarta - Senin, 8 September 2025, sebanyak 13 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dari 4 Program Studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yaitu Pendidikan Agama Islam (4), Pendidikan Kimia (3), Pendidikan Matematika (3), dan Pendidikan Biologi (3) resmi diterjunkan ke SMA Negeri 9 Yogyakarta untuk melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP). Acara penerjunan ini berlangsung di Aula Kresna dan dihadiri oleh Bapak Budi Sarwanto, S.Ag., M.S.I. selaku PLH Sekolah, Bapak Drs. Nur Munajat, M.Ag. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Suprihatin, S.Kom., M.Pd. selaku Koordinator PLP Sekolah, Beserta beberapa guru pamong sebagai berikut; Bapak Purnomo Basuki, S.Pd. selaku Guru Pamong Biologi, Ibu Sarah, S.Pd. selaku Guru Pamong Kimia, dan Ibu Rini Wedyastuti, S.Pd. selaku Guru Pamong Matematika.
Dalam Sambutannya, PLH Sekolah menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa PLP dan berharap agar mereka dapat memperoleh pengalaman berharga selama berada di sekolah. Beliau menekankan pentingnya menyesuaikan diri, menjaga komunikasi, serta bersikap profesional selama melaksanakan PLP. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menguasai kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang berkualitas.
Dosen Pembimbing Lapangan menjelaskan bahwa PLP merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman mengajar serta mengenal budaya sekolah secara langsung. Mahasiswa akan melaksanakan PLP selama kurang lebih 2 bulan yang mencakup observasi pembelajaran, praktik pembelajaran, serta praktik persekolahan. Dalam kesempatan tersebut, DPL menekankan komitmen para mahasiswa untuk belajar, berkontribusi, serta menjaga nama baik almamater agar siap menjadi pendidik profesional di masa depan.
Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat memanfaatkan kesempatan seoptimal mungkin dalam menimba ilmu, pengalaman, serta keterampilan praktis di lapangan, sekaligus menjadi bekal dalam menapaki profesi sebagai pendidik profesional. *[Shoofiya ‘Azizah Wahyudi]