Pembekalan Mahasiswa Field Study Semester Ganjil T.A. 2022/2023

Rabu (14/09/2022) - Pembekalan Mahasiswa Field Study Semester Ganjil T.A. 2022/2023 dilaksanakan secara daring via Zoom Cloud Meeting (Rabu, 14 September 2022 jam 08.30 - 11.30 WIB). Kegiatan ini dimoderatori oleh Ibu Asniyah Nailasariy, M.Pd.I. dan diawali dengan Sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ibu Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. mengingatkan agar mahasiswa menjaga nama baik almamater, FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan senantiasa belajar serta berproses dalam kegiatanField Study, mengamalkan ilmu yang diperoleh dalam bangku perkuliahan Magister (S2) dan memiliki kepekaan sosial, cakap dan terampil dalam menggunakan teknologi (IT).

Kepala Laboratorium Pendidikan FITK, Bapak Dr. H. Sabarudin, M.Si. juga menekankan kepada mahasiswa Field Study harus memiliki modal sosial yaitu mahasiswa tidak mungkin dapat secara individu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi, modal sosial bukan harta kekayaan atau uang, melainkan aset atau modal nyata yang penting dalam hidup bermasyarakat, dan modal sosial berupa kemauan baik, rasa bersahabat, saling simpati, serta hubungan sosial, dan kerjasama yang erat antara individu.

Koordinator Field Study, Bapak Dr. Adhi Setiyawan, M.Pd. menyampaikan tentang mekanisme dan jadwal pelaksanaan mahasiswa praktik Field Study. Untuk INdi Kampus (peer teaching, perencanaan riset dan publikasi) dilaksanakan pada 14 September - 1 Oktober 2022, Penerjunan dilaksanakan pada 3-11 Oktober 2022, dan ON di Lokasi dilaksanakan pada 12 Oktober - 12 Desember 2022. Untuk selengkapnya dapat dilihat dalam buku panduan Field Study.

Materi berikutnya yaitu klinik mini riset dan penulisan artikel ilmiah. Bapak Dr. Syahrul Ramadhan, M.Pd. menyampaikan tentang Bibliometrik, tujuan utama dilakukan analisis bibliometrik adalah Reseach Permormance (untuk mengevaluasi performa riset dan publikasi individu maupun institusi) dan Science Mapping (untuk mengungkap struktur dan dinamisasi suatu topik kajian). Masing-masing memiliki teknis tersendiri, misalnya untuk mengukur performa riset kita menggunakan metrik (kalkulasi kuantitatif) tertentu seperti total citations, average citation, collaboration index, dst. Adapun untuk analisis science mapping salah satunya kita dapat memanfaatkan co-word analysisuntuk mengeksplorasi hubungan yang ada antara topik satu dengan topik lainnya dalam bidang tertentu. Sedangkan Bapak Hafidh 'Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I. menyampaikan bahwa dalam mini riset dan publikasi artikel ilmiah melalui tahapan (for journal authors) yaitu find a journal, prepare your paper, submit and revice, track your paper, share and promote.

Dalam pengelolaan administrasi dan persuratan, Ibu Mira Mardiyani, S.Pd.Si. menyampaikan dalam administrasi dan persuratan mahasiswa Field Study akan dirapikan dalam google drive, semua file akan dimasukkan dalam folder sesuai dengan namanya dan mahasiswa akan komunikasi lewat email resmi Sunan Kalijaga Yogyakarta. Share Drive akan dilakukan dan dioptimalkan untuk memudahkan mengirim dan berbagi informasi kepada mahasiswa Field Study.

Selanjutnya mahasiswa dalam Zoom dilakukan Break Room dan dilakukan pembekalan Field Study dengan Kaprodi/Sekprodi masing-masing guna mendapatkan materi Etika dan Pengembangan Prodi. Alhamdulillah, semua rangkaian pembekalan mahasiswa Field Study berjalan dengan lancar. Salam sukses buat semua mahasiswa.