Penyerahan mahasiswa Field Study S2 PGMI ke S1 Pendidikan Kimia FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pada hari Senin, 7 Oktober 2024, Program Studi Magister PGMI UIN Sunan Kalijaga melaksanakan prosesi penyerahan mahasiswa Field Study (FS), sebuah program magang yang menjadi bagian dari kurikulum di tingkat magister. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengaplikasikan teori yang dipelajari di ruang kelas ke dalam praktik nyata di lapangan. Penyerahan mahasiswa ini dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Dr. Murtono, M.Si., yang secara resmi menyerahkan tanggung jawab bimbingan kepada Bapak Khamidinal, S.Si., M.Si. selaku ketua Program Studi Pendidikan Kimia. Acara penyerahan berjalan lancar, penuh kekhidmatan, dan diwarnai suasana kekeluargaan yang hangat. Program FS menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan soft skill, keterampilan yang semakin krusial dalam dunia pendidikan saat ini, di mana kecakapan interpersonal, komunikasi, dan adaptabilitas sangat dibutuhkan dalam menghadapi dinamika lapangan.

Yang membuat program FS ini lebih menarik dan unik adalah penempatan mahasiswa magister PGMI di lingkungan Pendidikan Kimia, suatu hal yang menarik. Umumnya, mahasiswa magister PGMI ditempatkan di lembaga pendidikan yang terkait erat dengan bidang keilmuan mereka, seperti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Namun, dalam kesempatan ini, kami ditempatkan di program studi yang berbeda, yaitu Pendidikan Kimia. Hal ini menciptakan dinamika yang berbeda dalam proses magang, sekaligus membuka peluang bagi kami untuk memperluas wawasan. Meski tampak tidak biasa, penempatan di Pendidikan Kimia memberikan kami kesempatan berharga untuk mempelajari berbagai pendekatan pembelajaran dari sudut pandang ilmu eksakta, yang pada dasarnya berbeda dengan metodologi pembelajaran di PGMI. Pengalaman ini diharapkan dapat memperkaya perspektif kami dalam merancang strategi pengajaran yang lebih luas dan kreatif di masa depan.

Bapak Dr. Murtono, M.Si., sebagai DPL kami, menanggapi keunikan penempatan tersebut dengan pandangan yang positif. Beliau menekankan pentingnya agar mahasiswa FS diberikan tantangan yang sesuai dengan kapasitas mereka. Dalam sambutannya, Beliau bahkan menyarankan agar mahasiswa diberikan tugas yang berat dan mendalam, dengan tujuan untuk melatih daya juang dan kemampuan analitis mahasiswa di lapangan. Hal ini mencerminkan filosofi pendidikan dan mendorong mahasiswa untuk melampaui batas kemampuan mereka, agar dapat tumbuh menjadi pendidik yang tangguh dan inovatif. Beliau percaya bahwa dengan menghadapi tantangan yang lebih besar, mahasiswa akan belajar lebih banyak, baik dalam aspek akademis maupun non-akademis.

Namun demikian, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia memberikan arahan. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa akan diberikan tugas-tugas yang relevan dengan bidang keahlian dan konsentrasi masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengalaman magang yang kami jalani tetap sejalan dengan kompetensi yang dimiliki, sehingga dapat memberikan dampak yang optimal baik bagi mahasiswa maupun institusi yang menjadi tempat magang. Dengan demikian, meskipun berada di lingkungan yang berbeda, mahasiswa magister PGMI tetap akan difasilitasi untuk menjalankan tugas-tugas yang mendukung pengembangan kemampuan mereka dalam konteks pendidikan.

Prosesi penyerahan mahasiswa FS ini berjalan dengan penuh hikmat. Suasana kekeluargaan sangat terasa, menunjukkan adanya sinergi yang kuat antara dua program studi yang berbeda. Kami, sebagai mahasiswa, merasakan sambutan yang hangat dari pihak Pendidikan Kimia. Hal ini semakin memperkuat semangat kami untuk memberikan yang terbaik selama masa magang. Kami menyadari bahwa kesempatan ini adalah sebuah kehormatan dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, kami bertekad untuk memanfaatkan waktu dan kesempatan ini sebaik-baiknya, tidak hanya untuk mengembangkan kemampuan akademik, tetapi juga untuk memperkaya keterampilan sosial dan profesional kami.

Insya Allah, dengan niat yang tulus dan usaha yang maksimal, kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik selama menjalani masa magang ini. Kami berharap bahwa pengalaman magang di lingkungan Pendidikan Kimia ini tidak hanya memperkaya wawasan dan keterampilan kami, tetapi juga memberikan dampak positif bagi program studi yang menerima kami. Semoga prosesi magang ini berjalan lancar, dan kami mampun memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk tumbuh dan belajar lebih baik.* [Ahmad Padli Prasitya]