Kolaborasi Akademik: "Kesuksesan Field Study Mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di UIN KHAS Jember"
Acara penarikan mahasiswa Field Study Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari UIN KH. Achmad Siddiq Jember dilaksanakan dengan sukses pada hari Senin, 2 Desember 2024. Penarikan mahasiswa Field Study (FS) dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Dr. Sabarudin, M.Si.; Kaprodi PGMI UIN KHAS Jember Bapak Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I. selaku dosen pamong FS; mahasiswa FS Sufraini; dan Yunis Aprianti sebagai moderator acara ini.
Acara dimulai dengan pembukaan dilanjutkan sambutan yang diberikan oleh Bapak Kaprodi PGMI UIN KHAS Jember, Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada UIN Sunan Kalijaga yang telah mempercayakan mahasiswa untuk menjalani program FS di UIN Jember.
“Kepercayaan ini adalah suatu kehormatan bagi kami. Kehadiran mahasiswa field study tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pengajaran di sini,” ungkap Dr. Imron. “Mahasiswa selama masa FS menjalankan tugas berupa mengajar di dua kelas S1 PGMI selama 5 Minggu, selain mengajar mahasiswa tersebut juga membantu tugas keprodian diantaranya piket di kampus serta terjun mengawal mahasiswa S1 PGMI pada pelaksanaan PLP Madrasah Ibtidaiyah di Jember”, ungkap Dr Imron lebih lanjut.
Bapak Imron juga menerangkan bahwa keterlibatan mahasiswa field study dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI sangat bermanfaat, terutama melalui kegiatan workshop artikel dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). “Melalui workshop ini, mahasiswa tidak hanya belajar, tetapi juga diajak untuk berinovasi dan memanfaatkan teknologi dalam penyusunan artikel ilmiah.” Di akhir sambutannya, Beliau menyampaikan permohonan maaf apabila dalam segala bentuk pelayanan dari UIN KHAS Jember mungkin ada yang tidak berkenan dan semoga segala hal baik bisa dijadikan pembelajaran dan pengalaman berharga bagi mahasiswi yang bersangkutan.
Acara selanjutnya adalah sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Dr. Sabarudin, M.Si., yang juga menandai secara resmi penarikan mahasiswi field study. Dalam sambutannya, Bapak Dr. Sabarudin, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada pihak UIN KHAS Jember sebagai mitra. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada dosen pamong yang telah bersedia mendampingi mahasiswi PGMI dalam menyelesaikan tugas mereka, yakni mengamalkan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan UIN KHAS Jember. Selain itu, Beliau menekankan pentingnya kerjasama yang nyata, salah satunya melalui penerbitan karya artikel oleh mahasiswa yang mengikuti field study di jurnal bereputasi, sebagai simbol agar hubungan kerjasama ini tetap terjalin dengan baik.
Sufraini, sebagai mahasiswa field study, mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk belajar dan berkontribusi dalam lingkungan akademik UIN Jember. “Program ini sangat berharga bagi kami. Kami belajar tidak hanya dari segi akademis, tetapi juga praktik langsung di lapangan yang sangat relevan dengan dunia pendidikan.” Selain itu mahasiswi FS juga diberi kesempatan untuk berkontribusi dalam kegiatan kampus diantaranya, menjadi juri lomba inovasi media pembelajaran dalam ajang Rektor Cup 2024 yang diadakan setahun sekali dan menjadi juri dalam acara Pagelaran Seni dan Olimpiade yang diadakan oleh HMPS PGMI.
Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada perwakilan dekanat FTIK UIN KHAS Jember berupa plakat dan pemberian sertifikat kepada Bapak Dr. Imron Fauzi sebagai dosen pamong. Harapan dari seluruh pihak agar kerjasama akademis ini dapat terus berlanjut dengan berbagai kegiatan yang lebih menarik di masa depan.
Acara ditutup dengan ucapan rasa Syukur oleh moderator diikuti oleh peserta acara penarikan mahasiswa FS di UIN KHAS Jember. Field study yang dilaksanakan ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa PGMI UIN Jember dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan mereka, serta menjalin kerjasama yang lebih erat dengan berbagai pihak di lingkungan pendidikan.* [Sufraini]