Penerjunan Mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di SMA Negeri 1 Sewon

Sewon, Bantul - Selasa, 10 September 2024, SMA Negeri 1 Sewon menerima mahasiswa Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara penerjunan dilaksanakan di Ruang Meeting Room Lantai 2 SMA Negeri 1 Sewon dari pukul 09.15 hingga 10.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen pembimbing, guru pamong, serta mahasiswa dari berbagai jurusan.

Acara dimulai dengan pembukaan yang diawali dengan pembacaan Lafaz Basmallah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak UIN Sunan Kalijaga yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau berharap mahasiswa dapat dibimbing dan diarahkan dengan baik selama menjalani PLP di SMA Negeri 1 Sewon.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Negeri 1 Sewon, Bapak Marharjono, M.Pd., yang menyambut baik penerjunan mahasiswa tersebut. Beliau menekankan bahwa SMA Negeri 1 Sewon sebagai sekolah percontohan dengan basis budaya, sekolah olahraga, dan inklusi, siap memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa PLP.

Mahasiswa yang diterjunkan berasal dari berbagai jurusan, antara lain:

  • Pendidikan Agama Islam: Yahya Rizki Fauzi (NIM 21104010088), Khodijatul Kubro (NIM 21104010014), Malikha Kumala Nabila (NIM 21104010040), dan Erik Febrianto (NIM 21104010071) yang merupakan mahasiswa difabel netra.

  • Pendidikan Biologi: Putri Meilani (NIM 21104070018), Alya Prosalina (NIM 21104070015), dan Destina Faza (NIM 21104070020).

  • Pendidikan Matematika: Adinda Esa Tinaka (NIM 21104040031), Nuria Safitri (NIM 21104040053), dan Rahajeng Maharani (NIM 21104040055).

  • Pendidikan Kimia: Syafa'ah Tsabitah (NIM 21104060021), Intan Kurnia (NIM 21104060043), dan Syifa Azzahroh (NIM 21104060011).

SMA Negeri 1 Sewon dikenal sebagai sekolah yang memiliki 30 rombongan belajar, dengan dua kelas olahraga di setiap angkatan. Selain itu, sekolah ini juga mengelola program inklusi yang menerima siswa dengan berbagai jenis disabilitas, termasuk difabel netra, rungu, dan slow learner.

Dalam penjelasan terkait kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Ajeng Ardinal Febriana, S.Pd., menyampaikan pentingnya esensi mendidik serta manajemen kelas. Menurut beliau, fokus pendidikan tidak hanya pada strategi dan media pembelajaran, namun juga pada pengelolaan kelas yang baik agar siswa dapat belajar dengan efektif.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional di masa depan (Khodijatul Kubro).